Sabtu, 22 November 2008


SERIAL WORKSHOP:
CORPORATE STRATEGY IN HANDLING FRAUD

Menara KADIN Indonesia Lantai 29
Jl. HR Rasuna Said Kav. 2-3 Kuningan Jakarta

Kamis, 4 Desember 2008
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Latar Belakang
*******************************
Pengelolaan perusahaan yang profesional haruslah memiliki struktur dan sistem yang kuat. Berbagai cara telah diterapkan, salah satunya dengan mengimplementasikan Good Corporate Governance. Namun demikian, kita sering jumpai bahwa perusahaan yang telah memiliki sistem dan struktur yang kuat pun masih membuka peluang terjadinya praktik-praktik bad corporate governance, salah satunya dengan terjadinya fraud.

Fraud yang terjadi di perusahaan sangatlah memberatkan dan mengancam keberlangsungan hidup perusahaan. Perusahaan dengan tingkat fraud tinggi menyebabkan terjadinya inefisiensi, mark-up, kondisi kerja tidak dinamis dan saling mencurigai satu sama lain. Dengan demikian fraud haruslah menjadi “musuh bersama” yang harus diberantas semaksimal mungkin. Untuk menemukan fraud, perusahaan perlu melakukan cara-cara dan strategi khusus dalam mengatasi fraud. Mekanisme Anti Fraud yang efektif akan membawa Perusahaan lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan dapat meminimalisir kemungkinan terburuk yang dihadapi Perusahaan.

Untuk meningkatkan pengetahuan teoritis dan kemampuan analisa dan implementasi terhadap pemberantasan fraud, maka POLIGG sebagai perkumpulan dibidang hukum, kebijakan dan governance menyelenggarakan Workshop lanjutan dengan tema:

“Corporate Strategy in Handling Fraud“


Tujuan
*******************************
Tujuan penyelenggaraan “Workshop Corporate Strategy in Handling Fraud“ adalah sebagai berikut :

1. Peserta dapat memahami dan mengidentifikasi mengenai fraud secara lengkap
2. Peserta memiliki pemahaman bagaimana strategi tepat dalam memberantas fraud di perusahaan
3. Peserta dapat memahami mempersiapkan kebijakan whistleblower yang membumi dan melindungi Perusahaan.
4. Peserta dapat memahami tentang hal-hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan terkait investigative audit.
5. Peserta memiliki pemahaman yang memadai dan memecahkan masalah yang terjadi terkait dengan fraud

Materi
*******************************
Untuk mencapai tujuan pelatihan di atas maka materi workshop disusun dalam beberapa materi sebagai berikut:

Modul I : Bahaya Fraud: Definisi, Macam dan Jenis
Modul ini akan mengupas tuntas segala hal yang terkait dengan fraud yang berfungsi sebagai pemahaman dan penyadaran akan sangat berbahayanya fraud dalam suatu organisasi.

Modul II: Membangun Mekanisme Anti Fraud
Modul ini akan membahas langkah-langkah antisipatif terhadap fraud yang diiringi dengan strategi khusus pencegahan fraud.

Modul III: Membangun Mekanisme Whistleblower yang Efektif
Modul ini akan berisi tentang kebijakan whistleblower, hal-hal yang harus tercantum dalam whistleblower dan bagaimana melindungi whistleblower secara efektif.

Modul IV: Investigative Audit
Modul ini akan berisi pengantar tentang investigative audit sebagai tahap lanjutan dalam menemukan fraud.

Peserta
*******************************
Workshop ini sangat tepat bagi:
“Dewan Komisaris, Direksi, Komite Audit, Internal Audit, Lawyers, Komite GCG, Auditor pada Kantor Akuntan Publik (KAP) dan masyarakat umum yang ingin mengimplementasikan GCG, memberantas fraud dan melakukan investigative audit di Perusahaan BUMN, Perbankan, Perusahaan tercatat di BEI, Perusahaan swasta besar maupun kecil, Koperasi, Dana Pensiun dan masyarakat umum lainnya”.

Waktu dan Tempat
*******************************
Workshop akan diselenggarakan selama 1 (satu) hari.
Tanggal : Kamis, 4 Desember 2008
Jam : Pkl. 08.30 – 16.30
Tempat : Menara KADIN Indonesia Lantai 29
Jl. HR Rasuna Said Kav 2-3, Kuningan Jakarta

Informasi & Pendaftaran
*******************************
POLIGG
Kav. PTB DKI Blok A9/23 Pondok Kelapa Jakarta 13450
Phone: 021 – 93186621 / 0812.812.5897, Contact Person: Fajri
Pembayaran : Bank Mandiri 121-000-4507137 a.n Noviyanti Absyari
Layanan Informasi: Tlp. 021-93186621 / 021-91261642 Fax: 021-8299779
Kunjungi kami di: www.poligg.blogspot.com


Metode Workshop
*******************************
Metode berikut akan dipergunakan dalam pelaksanaan workshop ini:
1. Presentasi
2. Diskusi Interaktif
3. Studi Kasus

Investasi
*******************************
Biaya Workshop ini adalah Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) /peserta. Meliputi Module, Training Kit, Sertifikat, Buku, Lunch, dan 2 kali Coffee Break.

Diskon 10% apabila pembayaran dilakukan 1 (satu) minggu sebelum Hari H atau peserta 3 orang).
Diskon 15% apabila peserta 4 orang
Diskon 20% apabila peserta 5 orang atau lebih

Cara Pembayaran
*******************************
Pembayaran dapat dilakukan melalui pemindahbukuan pada rekening sbb;
121-000-450-7137 a.n NOVIYANTI ABSYARI
Bank Mandiri – Jakarta, INDONESIA
Bukti pembayaran difax ke nomor (021) 8299779 atau diemail ke fajriputra@yahoo.com

Instruktur
*******************************
Instruktur Workshop: Corporate Strategy in Handling Fraud diberikan oleh pakar di bidangnya yakni para Konsultan dari POLIGG yang banyak terlibat dalam proses assessment, berpengalaman dalam melakukan sosialisasi, menjadi pembicara dan fasilitator Training yaitu:

- Khairiansyah Salman (Investigative Audit Specialist – Senior Advisor POLIGG)*

Khairiansyah Salman merupakan profesional yang tidak diragukan lagi kompetensinya di bidang anti fraud dan investigative audit. Memiliki pengalaman panjang sebagai Auditor BPK, penerima Integrity Award tahun 2005 ini juga merupakan pihak yang membongkar kasus korupsi KPU dan kasus-kasus lainnya. Selain itu, Khairiansyah juga aktif menjadi konsultan bagi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Bank Dunia, dan kegiatan lain. Saat ini Khairiansyah juga aktif memberikan pelatihan dan menyusun modul Investigative Audit secara komprehensif juga menjadi inisiator lembaga IWC (Indonesia Whistlelower Center).





- Mohamad Fajri M.P,S.H,M.Kn (Coordinator POLIGG)

Mohamad Fajri, MP, SH, M.Kn memiliki spesialisasi pada bidang Good Corporate Governance (GCG), khususnya pada aspek kepatuhan (compliance) terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan dan penanganan kasus fraud. Mohamad Fajri telah berpengalaman menangani assessment dan implementasi GCG pada lebih dari 20 Perusahaan. Sebelum bergabung dengan POLIGG, Mohamad Fajri adalah Konsultan Senior pada Firma Sofyan Djalil & Partners. Selain sebagai konsultan, Mohamad Fajri juga menjadi narasumber pada berbagai workshop dan aktif menulis tentang implementasi GCG dengan segala aspeknya pada beberapa media massa. Saat ini sedang mempersiapkan buku tentang implementasi GCG bersama dengan Wilson Arafat.

- Wilson Arafat , SE, MM (Konsultan Senior)

Wilson Arafat, SE,MM adalah pakar implementasi GCG yang memiliki spesialisasi pada implementasi GCG, management fraud audit dan corporate culture. Telah memenangkan berbagai penghargaan karya tulis tentang GCG antara lain dari FE UGM, Bank Indonesia, BNI, BPKP dan berbagai institusi lain. Hasil karyanya tentang GCG telah mewarnai berbagai media massa sejak tahun 1999 dan saat ini telah menghasilkan sejumlah buku di bidang implementasi GCG antara lain Buku How To Implement GCG Effectively yang saat ini telah menjadi best seller. Berbekal pengalaman panjang di bidang compliance pada sebuah Bank BUMN, Wilson Arafat sangat memahami tentang praktik fraud yang umum terjadi. Selain itu, aktivitas Wilson Arafat lainnya adalah menjadi pembicara tentang GCG dan Anti Fraud di sejumlah perusahaan.

Tidak ada komentar: